SELAMAT DATAN DIBLOG SAYA

Senin, 15 Juni 2009

MULTIMEDIA Part 2

OBJEK: IMAGE

· Clip Art

· Chart

· Hyperpicture: gambar yang mempunyai kaitan (link) dengan objek lain

BITMAP (BMP)

· Bitmap adalah istilah untuk image 2 dimensi.

· Awalnya adalah Microsoft yang membuat standar file bitmap untuk image 2 dimensi dengan ekstensi file (.bmp).

· Ini merupakan format standar raw data gambar digital.

· Struktur file BMP terdiri dari 4 bagian, yaitu: File Header, Image Header, Color Table dan Data Pixel.

· Header file BMP (File Header + Image Header + Color Table) biasanya sebesar 54 byte.

Format File Image (Bitmap)
  • ART - America Online proprietary format.
  • BMP
  • DjVu - DjVu for scanned documents
  • GIF - CompuServe's Graphics Interchange Format
  • MNG - Multiple Network Graphics, the animated version of PNG.
  • MSP - a file format used by old versions of Microsoft Paint. Replaced with BMP in Microsoft Windows 3.0.
  • JNG - a single-frame MNG using JPEG compression and possibly an alpha channel.
  • JPEG, JFIF (.jpg or .jpeg) - a lossy image format widely used to display photographic images.
  • JP2 - JPEG2000
  • PBM - Portable BitMap

Audio Representation

· SPEECH: Ucapan/suara Manusia

· Waveform, PCM, CELP, GSM, VOIP

· AUDIO: Musik, Lagu, Soundtrack, Sound Effect:

· Waveform, CD Audio, MP3, Midi

· Format File Audio: wav, cdda, mp3, mid, aiff, ibk, voc, mod, au, dll


OBJEK: ANIMASI

· Animasi Sel (seluloid)

· Animasi Frame

· Animasi Sprite

· Animasi Lintasan (Path)

· Animasi Spline

· Animasi Vektor

· Animasi Karakter

ANIMASI

· Animation adalah “illusion of motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan.

Animasi Sel

· Kata cel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi.

· Sekarang material film dibuat dari asetat (acetate)

· Biasanya digambar dengan menggunakan tangan (hand-drawn animation)

· Merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal. Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah, misalnya antara obyek dengan latar belakangnya, sehingga dapat saling bergerak mandiri.

· Animasi Cel disebut juga Animasi Tradisional

Proses Animasi Sel

· Storyboard

· Voice Recordings

· Animatics

· Design & Timing

· Layout

· Animation

· Background

· Traditional ink-&-paint and camera

· Digital ink & paint

Animasi Frame

· Animasi frame adalah bentuk animasi paling sederhana.

· Contohnya ketika kita membuat gambar-gambar yang berbeda­beda gerakannya pada sebuah tepian buku kemudian kita buka buku tersebut dengan menggunakan jempol secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak.

· Dalam sebuah film, serangkaian frame bergerak dengan kecepatan minimal 24 frame per detik.

Animasi Sprite

· Pada animasi sprite, gambar digerakkan dengan latar belakang yang diam.

· Sprite adalah bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri, seperti misalnya: burung terbang, planet yang berotasi, bola memantul, ataupun logo yang berputar.

Animasi Path

· Animasi path adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan.

· Misalnya dalam pembuatan animasi kereta api, persawat terbang, burung dan lain-lain yang membutuhkan lintasan gerak tertentu.

· Pada kebanyakan animasi path dilakukan juga efek looping yang membuat gerakan path terjadi secara terus menerus.

Animasi Spline

· Spline adalah representasi matematis dari kurva. Sehingga gerakan obyek tidak hanya mengikuti garis lurus melainkan berbentuk kurva.

Animasi Vektor

· Vektor adalah garis yang memiliki ujung-pangkal, arah, dan panjang.

· Animasi vektor mirip dengan animasi sprite, tetapi animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya.

Animasi Karakter

  • Biasanya terdapat di film kartun, semua bagian selalu bergerak bersamaan.
  • Software yang biasa digunakan adalah Maya Unlimited. Contoh: Film Toy Story dan Monster Inc.
  • Apapun jenis animasinya, yang penting adalah memberikan efek “hidup” (visual efek) pada gambar atau obyek.
  • Visual efek dapat dibuat dengan cara:
    • Motion dynamics, efek yang disebabkan perubahan posisi terhadap waktu.
    • Update dynamics, efek yang disebabkan perubahan pada suatu obyek (bentuk, warna, struktur, dan tekstur)
    • Perubahan cahaya, posisi, orientasi dan fokus kamera.

0 komentar:

Posting Komentar

Toggle

jQuery