OBJEK: IMAGE
· Clip Art
· Chart
· Hyperpicture: gambar yang mempunyai kaitan (link) dengan objek lain
BITMAP (BMP)
· Bitmap adalah istilah untuk image 2 dimensi.
· Awalnya adalah Microsoft yang membuat standar file bitmap untuk image 2 dimensi dengan ekstensi file (.bmp).
· Ini merupakan format standar raw data gambar digital.
· Struktur file BMP terdiri dari 4 bagian, yaitu: File Header, Image Header, Color Table dan Data Pixel.
· Header file BMP (File Header + Image Header + Color Table) biasanya sebesar 54 byte.
Format File Image (Bitmap)- ART - America Online proprietary format.
- BMP
- DjVu - DjVu for scanned documents
- GIF - CompuServe's Graphics Interchange Format
- MNG - Multiple Network Graphics, the animated version of PNG.
- MSP - a file format used by old versions of Microsoft Paint. Replaced with BMP in Microsoft Windows 3.0.
- JNG - a single-frame MNG using JPEG compression and possibly an alpha channel.
- JPEG, JFIF (.jpg or .jpeg) - a lossy image format widely used to display photographic images.
- JP2 - JPEG2000
- PBM - Portable BitMap
Audio Representation
· SPEECH: Ucapan/suara Manusia
· Waveform, PCM, CELP, GSM, VOIP
· AUDIO: Musik, Lagu, Soundtrack, Sound Effect:
· Waveform, CD Audio, MP3, Midi
· Format File Audio: wav, cdda, mp3, mid, aiff, ibk, voc, mod, au, dll
OBJEK: ANIMASI
· Animasi Sel (seluloid)
· Animasi Frame
· Animasi Sprite
· Animasi Lintasan (Path)
· Animasi Spline
· Animasi Vektor
· Animasi Karakter
ANIMASI
· Animation adalah “illusion of motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan.
Animasi Sel
· Kata cel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi.
· Sekarang material film dibuat dari asetat (acetate)
· Biasanya digambar dengan menggunakan tangan (hand-drawn animation)
· Merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal. Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah, misalnya antara obyek dengan latar belakangnya, sehingga dapat saling bergerak mandiri.
· Animasi Cel disebut juga Animasi Tradisional
Proses Animasi Sel
· Storyboard
· Voice Recordings
· Animatics
· Design & Timing
· Layout
· Animation
· Background
· Traditional ink-&-paint and camera
· Digital ink & paint
Animasi Frame
· Animasi frame adalah bentuk animasi paling sederhana.
· Contohnya ketika kita membuat gambar-gambar yang berbedabeda gerakannya pada sebuah tepian buku kemudian kita buka buku tersebut dengan menggunakan jempol secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak.
· Dalam sebuah film, serangkaian frame bergerak dengan kecepatan minimal 24 frame per detik.
Animasi Sprite
· Pada animasi sprite, gambar digerakkan dengan latar belakang yang diam.
· Sprite adalah bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri, seperti misalnya: burung terbang, planet yang berotasi, bola memantul, ataupun logo yang berputar.
Animasi Path
· Animasi path adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan.
· Misalnya dalam pembuatan animasi kereta api, persawat terbang, burung dan lain-lain yang membutuhkan lintasan gerak tertentu.
· Pada kebanyakan animasi path dilakukan juga efek looping yang membuat gerakan path terjadi secara terus menerus.
Animasi Spline
· Spline adalah representasi matematis dari kurva. Sehingga gerakan obyek tidak hanya mengikuti garis lurus melainkan berbentuk kurva.
Animasi Vektor
· Vektor adalah garis yang memiliki ujung-pangkal, arah, dan panjang.
· Animasi vektor mirip dengan animasi sprite, tetapi animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya.
Animasi Karakter
- Biasanya terdapat di film kartun, semua bagian selalu bergerak bersamaan.
- Software yang biasa digunakan adalah Maya Unlimited. Contoh: Film Toy Story dan Monster Inc.
- Apapun jenis animasinya, yang penting adalah memberikan efek “hidup” (visual efek) pada gambar atau obyek.
- Visual efek dapat dibuat dengan cara:
- Motion dynamics, efek yang disebabkan perubahan posisi terhadap waktu.
- Update dynamics, efek yang disebabkan perubahan pada suatu obyek (bentuk, warna, struktur, dan tekstur)
- Perubahan cahaya, posisi, orientasi dan fokus kamera.
0 komentar:
Posting Komentar